Memelihara dan membangun baru persahabatan

Bagi penderita gangguan jiwa, persahabatan adalah salah satu kunci bagi pemulihan dirinya. Tanpa dukungan keluarga dan teman, penderita gangguan jiwa akan sulit pulih kemabli.
Persahabatan adalah seperti tanaman atau hewan peliharaan. Kita harus menyempatkan waktu dan berinvestasi agar persahabatan atau pertemanan bisa tetap terpelihara. Ada beberapa tehnik agar kita dapat memelihara pertemanan atau pershabatan:
  1. Sediakan waktu
  2. Ketika kita      remaja, belum banyak tanggung jawab, kita bisa punya waktu untuk teman      atau sahabat. Itulah sebabnya mengapa para remaja mempunyai banyak teman.      Ketika kita semakin berumur, dengan semakin banyak beban dan tanggung      jawab, waktu untuk teman atau sahabat menjadi berkurang. Kalau kita ingin      punya teman atau sahabat, mau tidak mau kita juga harus bersedia      menyisihkan waktu untuk persahabatan. Kita perlu menginvestasikan waktu      kita untuk bertemu, menelpon, ngobrol lewat internet, atau melakukan      kegiatan bersama.

  3. Hargai privasi. Jangan kita      bombardier teman atau sahabat dengan sms, telpon atau ngobrol yang      berlebihan. Teman kita juga punya keluarga dan privasi sendiri.
  4. Jangan banyak meminta dan      membanding-bandingkan. Termasuk disini adalah meminta perhatian dengan      banyak mengeluh. Sahabat juga bukan indikator atau benchmark untuk      membandingkan kekayaan atau kehebatan kita.
  5. Kembangkan diri sendiri. Semua      orang senang berteman dengan orang yang sehat, berpenampilan menarik,      pandai bergaul, luas pengetahuan, dan lain lain. Oleh karena itu, kita      perlu terus mengembangkan diri kita sehingga bila para sahabat kita      berkembang, kita juga dapat tetap menyesuaikan diri kita dengan      perkembangan teman kita tersebut.
  6. Jadi pendengar yang baik, jangan      mendominasi pembicaraan.
  7. Sempatkan untuk ketemu. Meskipun      telah ada teknologi canggih sehingga kita bisa mengobrol dan melihat wajah      sahabat kita, namun bertemu muka akan memberi pengaruh yang lebih besar      terhadap persahabatan kita.

Bila kita ingin memperluas jaringan pertemanan kita, maka sebelum kita mencari sahabat yang benar benar baru, kita bisa membangun persahabatan dengan orang orang yang selama ini sudah kita kenal. Misalnya, kita bisa membangun persahabatan dengan teman atau kenalan di kantor, kenalan di suatu klub olah raga atau hobi yang sama, kenalan yang merupakan sahabat dari teman kita, kenalan dalam satu pengajian atau kegiatan amal bersama, dan lain lain.

Pertemanan benar benar baru berarti kita harus mempunyai kenalan baru. Untuk mempunyai kenalan baru, kita harus berani mencoba menjelajah ke kegiatan atau kelompok baru, misalnya:

  1.  Mendatangi      kelompok pengajian baru, kegiatan sosial yang baru.
  2. Mencoba      hobi baru, kemudian berkenalan dengan orang yang mempunyai hobi yang sama      tersebut.
  3. Ikut      kursus atau kuliah lagi.
  4. Datangi      dan santuni janda janda tua yang hidup sendiri dan memerlukan bantuan.
  5. Datangi      bangsal kelas 3 di rumah sakit, doakan agar lekas sembuh serta ajak      mengobrol.

Related posts

Leave a Comment