2 langkah untuk menghentikan rumination

RuminateRumination adalah suatu pikiran yang mucul (tanpa disengaja, tanpa disadari) tentang suatu kejadian dimasa lalu yang tidak mengenakkan. Pikiran yang muncul tersebut biasanya hanya meliputi gejala/ perasan yang muncul, penyebab dan dampak dari kejadian tersebut. Dalam rumination tidak pernah muncul pikiran tentang cara memecahkan masalah tersebut.

Karena masalahnya tidak pernah diselesaikan atau dicari jalan keluarnya, maka masalah tersebut tetap ada dan muncul dalam pikiran kita.

Misalnya: kita sering teringat ketika ditertawakan karena kita menyanyi dengan suara yang false, tidak karuan. yang muncul adalah perasaan malu, hilang muka, menyesal, mengapa waktu itu bersedia maju kepanggung, dan dampak negative dari menyanyi dengan suara jelek di panggung.

Rumination kadang dapat menyebabkan gangguan psikologis, karenamemikirkan kejadian masa lalu seperti penyesalan, sedih, kecewa, marah (tapi tanpa ada usaha atau pikiran untuk mencari jalan keluarnya).

Langkah yang perlu dilakukan untuk menghentikan rumination:

  1. Melakukan kegiatan kegiatan yang mendukung munculnya pikiran positif. Rumination biasanya muncul ketika pikiran kita sedang menganggur atau terlibat dalam kegiatan yang positif. Agar rumination berkurang kita perlu banyak melakukan kegiatan kegiatan positif, seperti melakukan hobi, olah raga, jalan jalan ke alam, melakukan pekerjaan rumah, mengobrol dengan teman, melakukan kegiatan menolong orang lain atau bekerja bakti.
  2. Memecahkan masalah yang jadi penyebab rumination. Rumination muncul karena masalah tersebut selalu dipikirkan, tetapi tidak dicari jalan keluarnya. Misalnya, bila menyanyi ngawur yang menjadi rumination, maka kita segera cari jalan keluarnya (belajar menyanyi dirumah, ikut kursus menyanyi, bila diminta menyanyi selalu minta ada yang menemani, dll). Dengan menerapkan jalan keluar dari masalah, maka rumination akan hilang dengan sendirinya.

Sumber bacaan: http://psychcentral.com/blog/archives/2011/01/20/why-ruminating-is-unhealthy-and-how-to-stop/

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Related posts

Leave a Comment