Cara menghentikan pikiran paranoid (1)

119790150_640Pikiran curiga (tingkat rendah) kadang muncul dan itu normal. Namun bila pikiran paranoid tingkat ke 3 mulai muncul, berarti perlu tindakan untuk menghentikan atau menguranginya.

Pikiran curiga itu ada 5 tingkatan. tingkat 1 (terendah) bila kita berjalan ditempat gelap dan curiga jangan jangan ada yang mau berbuat jahat kepada kita. Tingkat ke 2 bila kita merasa orang mulai membicarakan diri kita dibelakang kita. Tingkat ke 3 bila mulai berpikir bahwa ada seseorang yang mencoba mengganggu kita. Tingkat ke 4 bila kita merasa bahwa telpon kita disadap dan tingkat ke 5 (tertinggi) bila kita mulai merasa bahwa BIN (badan intelijent Negara) atau FBI memata-matai diri kita.

Berikut ini beberapa langkah untuk menghentikan pikiran paranoid:

  • Belajar mengendalikan pikiran negatif yang muncul diotak kita. Coba analisa seberapa besar kemungkinannya bahwa pikiran negative itu akan jadi kenyataan, apa segala konsekuensi (dari yang paling buruk sampai yang kurang buruk) apabila hal itu terjadi, dan coba lawan setiap 1 pikiran negative dengan 2 pikiran positif. Misal: kita punya pikiran bahwa sepatu kita jelek dan ditertawakan orang, maka bangun pikiran bahwa baju kita bagus, potongan rambut kita juga bagus.
  • Catat setiap pikiran negative yang muncul. Kapan pikiran negative itu muncul, apa pemicunya dan baca catatan tersebut seminggu sekali. Membaca catatan tersebut akan membuat kita mampu menganalisa pola dari pikiran negative yang muncul.
  • Coba bicarakan dengan seorang sahabat dekat. Sahabat dekat mungkin dapat memberikan umpan balik bila pikiran kita tidak berdasar.

sumber: http://www.wikihow.com/Stop-Being-Paranoid

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Related posts

Leave a Comment