Persiapan menghadapi kemungkinan PHK-2

PHKTulisan ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya. Artikel aslinya pernah dimuat di http://rbumiya.blogspot.com/2010_10_01_archive.html
2.Bikin tabungan untuk keadaan darurat.  Sebaiknya dana darurat ini cukup untuk membiayai pengeluaran kita selama tiga sampai enam bulan kedepan. Hal ini mengingat kebanyakan orang memerlukan waktu antara tiga sampai enam bulan untuk mencari pekerjaan baru. Bila anda mendapat pesangon, maka anda dapat lebih siap dalam menghadai PHK.
3.Usahakan agar anda selalu meningkatkan keterampilan anda dan mencari sertifikasi ketrampilan yang baru (belajar bahasa, ketrampilan memanfaatkan internet, dll). Jika perusahaan anda memberikan pelatihan tambahan atau sertifikasi, sebaiknya anda memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Dengan ketrampilan atau sertifikat yang baru tersebut anda mungkin dapat mengalahkan calon lain yang hanya mengandalkan pengalaman atau bahkan anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar.
4.Selain itu, penting untuk terus membuat jaringan persaudaraan setiap saat. Bila anda sudah membangun hubungan dengan orang di sekitar anda didalam perusahaan maupun di industri yang berbeda, anda sudah memiliki kontak yang dapat membantu anda dalam mencari pekerjaan baru. Kebanyakan pekerjaan datang melalui perantaraan orang yang anda kenal. Mungkin anda mendengar tentang pekerjaan melalui orang tertentu, atau anda dapat menggunakan seseorang sebagai referensi tambahan.
5. Anda harus bekerja dengan sikap positif dan memberikan komitmen yang terbaik. Hal ini dapat melindungi anda dari dipecat, tetapi juga dapat membantu anda untuk mendapat referensi yang baik ketika anda mencari pekerjaan baru. Sangat penting untuk melakukan pekerjaan anda yang sekarang dengan sebaik mungkin, dan membangun reputasi diri yang baik.
Saya percaya, jika anda mengikuti semua nasehat diatas, anda tidak saja telah siap menghadapi PHK. Bahkan anda akan mendapatkan kenaikan pangkat atau mendapat pekerjaan baru dengan gaji lebih besar.
Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Related posts

Leave a Comment